LEMBAR KERJA
PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.10- 4.15
|
Topik /Tema
|
:
|
Narrative
|
Sub Topik/Tema
|
:
|
Issombushi
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
Siswa dapat:
1.
Menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris terkait
teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat
2.
Menunjukkan perilaku peduli, percaya diri, dan
tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi terkait teks naratif sederhana
berbentuk legenda rakyat.
3.
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif sederhana berbentuk legenda
rakyat.
4.
Merespon makna teks naratif sederhana
berbentuk legenda rakyat.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
180 menit (4 JP)
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
1.
Siswa menyimak cerita yang disampaikan guru.
2.
Siswa mediskusikan unsur intrinsik cerita yang disajikan
3.
Siswa membuat daftar cerita rakyat yang pernah diketahui
|
Menanya
|
1. Siswa menanyakan isi cerita dari
berbagai cerita rakyat
|
Mengumpulkan informasi
|
1.
Guru meminta siswa membaca teks tanpa bersuara, secara mandiri.
2.
Guru menuntun siswa memahami teks melalui pertanyaan tentang gagasan
utama untuk masing-masing paragraph
3.
Guru meminta mereka bekerja secara berpasangan mencari kosakata yang
sesuai yang ada dalam teks untuk mendeskripsikan characters dan setting.
|
Mengasosiasikan
|
1.
Siswa mengidentifikasi Dn menganalisis bagian-bagian cerita rakyat
2.
Siswa menganalisis penggunaan kata kerja tertentu (unsur
kebahasaan)pada cerita rakyat
3.
Siswa menganalisis nilai moral
4.
Siswa memperoleh balikan dari guru dan teman dari hasil analisis
|
Mengkomunikasikan
|
1.
Siswa menyampaikan informasi fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaan yang ditemukan yang ditemukan pada cerita rakyat
2.
Siswa menceritakan kembali teks cerita rakyat yang dibaca
3.
Siswa memberi peer assesment produk ceria rakyat versi temannya
|
Posting Komentar
Mohon sampaikan komentar Anda dari hati