(RPP)
Sekolah : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/
Semester : X / II
Materi
Pokok : Teks Narrative
lisan dan Tulis (Cerita Rakyat Sederhana)
Alokasi
Waktu : 2 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.10 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana
berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
1. Siswa
dapat mengidentifikasi karakter yang ada dalam suatu cerita rakyat
2. Siswa
dapat mengidentifikasi unsur sosial cerita rakyat
3. Siswa
dapat mengidentifikasi nilai moral yang ada dalam cerita rakyat
4. Siswa
dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam cerita rakyat
4.15 Menangkap
makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda, sederhana.
1. Siswa
dapat menjawab pertanyaan terkait dengan teks cerita rakyat yang dibaca
2. Siswa
dapat menceritakan kembali suatu cerita rakyat yang dibaca baik secara lisan
dan tertulis.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi
ini, siswa diharapkan mampu:
1. Menunjukkan
kesungguhan belajar bahasa Inggris terkait teks narrative sederhana berbentuk
cerita rakyat.
2. Menunjukkan
perilaku peduli, percaya diri dan tunggungjawab dalam melaksanakan komunikasi
terkait teks narrative sederhana berbentuk cerita rakyat
3. Mengidentifikasi
fugsi social, struktur teks dan unsure kebahasaan dari teks narrative sederhana
berbentuk cerita rakyat.
4. Merespon
makna teks narrative sederhana berbentuk cerita rakyat.
D.
Materi
Pembelajaran
Teks cerita rakyat sederhana
Fungsi Sosial: meneladani
nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur teks:
1. Pengenalan
tokoh dan setting
2. Komplikasi
yang dihadapi tokoh utama
3. Solusi
dan akhir cerita
Unsur Kebahasanaan:
1. Kosa
kata terkait dalam cerita rakyat
2. Kata
kerja/ struktur kalimat
3. Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan ilmiah
Strategi: menyimak, diskusi
kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok (proyek)
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
ü Power
point presentation
ü Film
ü Gambar
2. Alat/
bahan
ü Loud
speaker
ü computer
ü LCD
3. Sumber
Belajar
ü Buku
kumpulan cerita rakyat
ü Audio
ü Buku
Guru
ü Buku
Siswa
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
ü Salam
dan tegur sapa
ü Guru
mengecek kehadiran siswa
ü Guru
mengecek kesiapan belajar siswa
ü Guru
memjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai
ü Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2. Kegiatan
Inti
Mengamati
ü Siswa
menyimak contoh teks cerita yang diperdengarkan oleh guru
ü Siswa
mempelajari kosa kata baru yang ada di dalam cerita.
ü Siswa
mempelajari cara pengucapan kota kata baru dalam cerita
Menanya
ü Siswa
menanyakan isi cerita dari berbagai cerita rakyat secara berkelompok.
ü Siswa
menanyakan struktur teks narrative dan unsur kebahasaan teks yang diberikan.
Mengumpulkan informasi/ mengeksplorasi
ü Guru
meminta siswa untuk membaca teks secara mandiri
ü Guru
menuntun siswa menemukan informasi rinci dan informasi tetentu dari cerita
ü Guru
memandu siswa menemukan struktur teks narrative yang disajikan
ü Guru
memandu siswa menemukan unsur kebahasaan teks narrative yang disajikan
Mengasosiasi
ü Siswa
menemukan kata kerja (doing verbs dan thinking verbs) dari bacaan
ü Siswa
mengembangkan kosa kata tersebut dengan membuat kalimat Tanya mengacu pada
bacaan
ü Guru
memastikan pemahaman kosa kata siswa dengan meminta untuk mengerjakan latihan
kosa kata.
Mengkomikasikan
ü Siswa
menceritakan kembali cerita yang telah dipelajari dengan bahasa sendiri secara
tertulis dan mempresentasikan di depan kelas..
Kegiatan Penutup
ü Siswa
dengan bimbingan guru meyimpulkan pembelajaran yang baru dipelajari
ü Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
ü Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
H.
Penilaian
1. Jenis/Tehnik
Penilaian
ü Sikap(melalui
rubrik pengamatan sikap selama pembelajaran)
ü Pengetahuan : Tertulis
ü Ketrampilan : reading aloud, ketrampilan mengembangkan
draf,Project
2. Bentuk Insrumen
Instrument penilaian sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Tanggung jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cinta damai
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
40
|
||||||
Keterangan :
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d
5
1 = sangat kurang
2 = kurang konsisten
3 = mulai konsisten
4 = konsisten
5 = selalu konsisten
Rubrik Penilaian pengetahuan
No
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
1
|
Pengucapan
|
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tetapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
2
|
Intonasi
|
5 = Hampir
sempurna
4 = Ada kesalahan tetapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
3
|
Ketelitian
|
5 = Sangat teliti
4 = Teliti
3 = Cukup teliti
2 = Kurang teliti
1 = Tidak teliti
|
4
|
Pemahaman
|
5 = Sangat memahami
4 = Memahami
3 = Cukup memahami
2 = Kurang memahami
1 = Tidak memahami
|
No
|
Nama Siswa
|
Skor
|
|||
Pengucapan
|
Intonasi
|
Ketelitian
|
Pemahaman
|
||
1
|
……
|
||||
2
|
……
|
||||
3
|
……
|
||||
…..
|
|||||
…..
|
|||||
Penilaian Proyek
Nama Proyek :……………………………………..
Alokasi waktu :……………………………………..
Pembibing :……………………………………..
Nama /Kelompok :……………………………………..
Kelas :……………………………………..
No
|
Aspek
|
Skore(1-5)
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
PERENCANAAN
Pembuatan
Narrative Plan
|
||||||
2
|
PELAKSANAANA
|
||||||
a.
Isi
|
|||||||
b.
Struktur
text
|
|||||||
c.
Kosa
kata
|
|||||||
d.
Kalimat
|
|||||||
e.
Mekanik
|
|||||||
3
|
LAPORAN
PROYEK
|
||||||
a.
Performa
|
|||||||
b.
Penguasaan
materi proyek
|
|||||||
Solo, 26
Juni 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
……………………………………. ………………………………
izin copas mas/mbak
BalasHapusYa Silakan. Semoga bermasfaat. sedang kami siapkan RPP lengkapnya, tunggu saja. thanks
HapusTrims rppny...
BalasHapusPosting Komentar
Mohon sampaikan komentar Anda dari hati