RPP Bahasa Inggris Kurikulum 13 Kelas X Chapter 1

Berikut ini contoh RPP Bahasa Inggris SMA Kelas X Chapter 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan               : SMA ……
Kelas / Semester                   : X / 1
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Program                                : IPA/IPS
Tema                                    : Talking about self
Pertemuan ke                       : 1
Alokasi Waktu                     : 2 x 45 menit


A.    Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
B.  Kompetensi Dasar           
2.1 menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.2 menunjukan perilaku jujur dan disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
3.1 menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsure kebahasaan pada teks pemaparan jati diri sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis
4.2 menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan,menanyakan dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Siswa memahami fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pemaparan jati diri
2.    Siswa merespon dengan benar terhadap tindak tutur pemaparan jati diri.
3.    Siswa mengidentifikasikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pemaparan jati diri
4.    Siswa terampil menggunakan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pemaparan jati diri.
D.              Tujuan Pembelajaran
1.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk untuk mempelajari pemaparan jati diri.
2.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki dan menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi lisan dan tulis pemaparan jati diri.

3.    Siswa terampil menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi tentang pemaparan jati diri dengan guru dan teman.
4.    Menunjukkan perilaku santun, peduli, dan percaya diri dalam melaksanakan komunikasi tentang pemaparan jati diri.
5.    Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri.
6.    Merespon makna teks pemaparan jati diri lisan dan tulis.
7.    Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang pemaparan jati diri.

E.  Materi Pembelajaran
Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pemaparan jati diri
Fungsi social: menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Struktur teks: mengucapkan ungkapan pemaparan jati diri
Exemple:
Hello, Alia! Let me introduce myself. My name is Hannah.

F.   Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.  Pendahuluan
1.    Siswa menjawab sapaan guru, berdoa, dan menkondisikan diri siap belajar.
2.    Guru memberi motivasi belajar
3.    Guru memberi brainstorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
Exemple: what is your name?
                 Where are you from?
               Where do you live?
4.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai( based on my question previously, now, please guess! What topic are we going to discuss today?)
5.    Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus ( yaitu materi tentang ungkapan pemaparan jati diri)


15 menit
B.  Inti
Menanya
1.    Dengan bimbingan dan arahan guru siswa melakukan Tanya jawab tentang ungkapan pemaparan jati diri. (dengan teliti dan bertanggung jawab).

Mengamati
2.    Siswa membaca dan mengamati teks ungkapan pemaparan jati diri
3.    Siswa mengikuti interaksi pengucapan pemaparan jati diri.
4.    Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang pemaparan jati diri
5.    Siswa mengidentifikasikan main idea yang ada dalam teks pemaparan jati diri.


Menalar
6.     Dengan bekerja kelompok, siswa menyusun pemaparan jati diri dalam bentuk dialog(dengan jujur dan tanggunng jawab) dalam bahasa mereka.

Mengkomunikasikan
7.      Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok


15 menit












15 menit





   

15 menit




15 menit






C.  Penutup
1.     Siswa menyimpulkan teks dan ungkapan pemaparan jati diri .
2.     Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari
3.     Siswa diberi tugas mengerjakan evaluasi.
4.     Siswa diberi Tugas Mandiri Terstruktur menulis  email yang berkaitan dengan pemaparan jati diri.
15 menit
G. Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan : scientific approach
2.      Model        : discovery learning
3.      Teknik       : role play
H.  Media dan Sumber Belajar
1.    Media: LCD, Laptop, Speaker, CD, Flash disk
2.    Sumber belajar
Modul: Bahasa Inggris untuk SMA/MA Kelas X
  

I.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.    Jenis / teknik penilaian
-          Tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama proses pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktifitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan
-          Sikap:
Observasi penilaian diri, teman sejawat (capaian siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri dan temannya dengan menggunakan daftar cek atau skala penilaian yang disertai rubric
-          Jurnal, didalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik
Guru mengobservasi dan mencatat perilaku siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya.
Pengetahuan: pengetahuan siswa tentang struktur teks, unsure kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan test tulis atau lisan dan penugasan atau PR
Keterampilan:
Praktik, jurnal
2.      Bentuk Instrumen  dan Instrumen
Role play (memerankan dialog dengan menggunakan ungkapan pemaparan menyatakan dan menanyakan tentang pemaparan jati diri) dan test tertulis
3.      Pedoman Penskoran
Rubrik
a.       Aspek Sikap


No
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan Skor
1.
Jujur
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur

2.
Bertanggung jawab
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang bertanggung jawab
2: jarang  bertanggung jawab
1: tidak pernah bertanggung jawab

3.
kerjasama
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama

4.
Disiplin
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin

5.
Percaya Diri
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang percaya diri
1 : tidak pernah percaya diri


b.      Aspek Pengetahuan
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan Skor
1.
Pengucapan
5: hampir sempurna
4: ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3: ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2: banyak kesalahan dan mengganggu makna
1: terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

2.
Intonasi
5: hampir sempurna
4: ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3: ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2: banyak kesalahan dan mengganggu makna
1: terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

3.
Ketelitian
5: sangat teliti
4: teliti
3: cukup teliti
2: kurang teliti
1 : tidak teliti

4.
Pemahaman
5 : sangat memahami
4 : memahami
3 : cukup memahami
2 : kurang memahami
1: tidak memahami


c.       Aspek Keterampilan
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan Skor
1.
Melakukan tindak komunikasi yang tepat
5: selalu melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
4: sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3: beberapa kali melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2: pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1: tidak pernah melakukan kegitan komunikasi yang tepat


                                                                                          Kebumen, Juli 2014
                        Mengetahui,                                              Guru Mata Pelajaran
                      Kepala Sekolah                                                           



                       ……………..                                                    …………..























Contoh Materi
Instruksi Task 1:
I’d like to assign you into two groups, A and B. Say ‘pen’ (menunjuk murid pertama) and ‘pal’ (menunjuk murid kedua), then ‘pen’ (murid ketiga) ‘pal’ (murid keempat)…. Raise your hand if you’re ‘pen’. Good, so all of you are students A. Raise your hand if you’re ‘pal’. All of you are students B. Students A, please read text 1 and students B, please read text 2.

Hello, Alia! Let me introduce myself. My name is Hannah.
I know your name from my friend, Caroline. She told me that you sent her an email telling her that you would like to have more pen pals from the US. I’d really like to be your E-pal. You sound really cool!
I guess I’d better tell you something about myself first. I’m 16 years old and I attend Thomas Edison High School here in Minneapolis, Minnesota, USA. I have two brothers and two half sisters and I’m the middle child. My father died a few years ago so my mother runs the house and the family business. My father was a barista.
I have lots of hobbies. I like music – mostly classical music and folk music – but I don’t play an instrument. I like sports, especially tennis and basketball. At school I’m in the basketball team and I spend most of my extra-curricular time playing basket ball. I’m into animals very much. My sister and I have three dogs, a rabbit and an iguana. They need lots of attention as you can imagine. At school, I have many Hmong friends who were not fully fluent in English. Their family moved here from Asia. I enjoy talking to them about our different cultures. My favorite subjects at school are art and geography. I think I’d like to become a park ranger when I graduate, perhaps work for the National Parks Service.
I haven’t got much interest in fashion, although we have ‘Mall of America,’ the biggest mall in Minnesota. We can reach the mall very easily. A commuter train runs every 15 minutes, buses also come from different directions. We can also drive to the mall. It’s much faster than going there by train or by bus.
I don’t like reading but I love drawing and painting.
How about you? Please drop me a line, Alia! Can’t wait to hear from you!
                                                                                                                                          Hannah

 Instruksi Task 2:
Well, students. As you have learned that each paragraph has a main idea and some supporting details, now identify the main ideas and supporting details of the paragraphs in the email and letter in text 1 and 2. The first paragraphs of the two texts have been done for you as an example. Students in group A, identify text 1 and students in group B, identify text 2.

Text 2:
A letter from Saidah
Assalamu’alaikum Alia,
It was very interesting to read your letter about yourself and your hometown. I would really like to be your pen friend.
I’m a sixteen-year-old school student from Johor Bahru in Malaysia. Actually I attend an Islamic boarding school just outside the city but my family live in Kuala Lumpur. My eldest sister is a medical doctor. She will get married soon. My younger brother is an elementary school student in KL but he often writes to me via email.
My favorite subjects are social sciences. I like history very much; it helps me know more how different countries existed in the past. At school we are supposed to use English at all times, even when we are in the dormitory, so we have become quite fluent although sometimes we slip back into Malay, which is our mother tongue.
As for hobbies, I’m really into songs and music. My favorite singer is Yusuf Islam whose former name was Cat Steven. He’s so cool! Another singer I like is Maher Zain with his religious songs. My favorite Malay singer is of course Siti Nurhaliza. I also like watching movies, especially comedies. The actor I like best is Tom Cruise.
I’m really into books. I like reading novels and short stories, mostly by Malay authors who you probably haven’t heard of. I like some writers in English, like JK Rowling and Indonesian writers too, like Andrea Hirata and Ahmad Fuadi. My dream, when I’m older, is to be a writer of science fiction books set in the distant future.
I’d really love to come to Indonesia some day. I heard that it has the largest number of Muslims of any country. A book that I’ve just read mentions that
there are some magnificent places to visit, such as, Bali, Sulawesi,
Papua and Borneo! What about you, do you want to visit
my country? Wassalam, Saidah
Cheers,
                                                                                                                                                                          Saidah

TASK 3
Work in pairs, make a dialogue talking about self.
1. Act out the dialogue in front of class!

2. Siswa diberi Tugas Mandiri Terstruktur menulis  email yang berkaitan dengan pemaparan jati diri.

Post a Comment

Mohon sampaikan komentar Anda dari hati

Lebih baru Lebih lama