Selamat pagi sahabat....
Kali ini saya akan berbagai RPP K 13 Bahasa Inggris SMA kelas X. RPP ini dibuat bersama-sama saat pelatihan K 13 beberapa waktu yang lalu dengan menggunakan sumber buku K13 terbitan pemerintah. Selamat menyimak
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Muhammadiyah Kebumen
Kelas / Semester : X / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Program : IPA/IPS
Tema : Talking about self
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45
menit
A.
Kompetensi Inti
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
B. Kompetensi
Dasar
2.1 menunjukan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.2 menunjukan perilaku jujur dan disiplin, percaya
diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan
guru dan teman
3.1
menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsure kebahasaan pada teks
pemaparan jati diri sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis
4.2
menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan,menanyakan dan merespon
pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan
unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Siswa memahami fungsi social, struktur teks, dan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pemaparan jati diri
2. Siswa merespon dengan benar
terhadap tindak tutur pemaparan jati diri.
3. Siswa mengidentifikasikan fungsi social, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pemaparan
jati diri
4. Siswa terampil menggunakan teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan tentang pemaparan jati diri.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat
menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris dan
menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk untuk mempelajari pemaparan
jati diri.
2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa
memiliki dan menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
dalam menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi lisan dan tulis pemaparan
jati diri.
3. Siswa terampil menggunakan bahasa Inggris dalam
berkomunikasi tentang pemaparan jati diri dengan guru dan teman.
4. Menunjukkan perilaku santun, peduli, dan percaya
diri dalam melaksanakan komunikasi tentang pemaparan jati diri.
5. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri.
6. Merespon makna teks pemaparan jati diri lisan dan
tulis.
7. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang
pemaparan jati diri.
E. Materi Pembelajaran
Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan
merespon pemaparan jati diri
Fungsi social: menjaga hubungan interpersonal
dengan guru, teman dan orang lain.
Struktur teks: mengucapkan ungkapan pemaparan
jati diri
Exemple:
Hello, Alia! Let me introduce myself. My name is
Hannah.
F. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
A. Pendahuluan
|
1. Siswa menjawab sapaan guru, berdoa, dan menkondisikan
diri siap belajar.
2. Guru memberi motivasi
belajar
3. Guru memberi
brainstorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan
disampaikan.
Exemple: what is your
name?
Where are
you from?
Where do you live?
4.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai( based on my question previously, now, please guess!
What topic are we going to discuss today?)
5. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai
silabus ( yaitu materi tentang ungkapan pemaparan jati diri)
|
15 menit
|
B. Inti
|
Menanya
1. Dengan
bimbingan dan arahan guru siswa melakukan Tanya jawab tentang ungkapan pemaparan jati diri. (dengan
teliti dan bertanggung jawab).
Mengamati
2. Siswa membaca dan mengamati teks ungkapan pemaparan jati diri
3. Siswa mengikuti interaksi
pengucapan pemaparan jati diri.
4. Siswa menirukan
contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang pemaparan jati
diri
5. Siswa mengidentifikasikan
main idea yang ada dalam teks pemaparan jati diri.
Menalar
6. Dengan bekerja
kelompok, siswa menyusun pemaparan jati diri dalam bentuk dialog(dengan jujur
dan tanggunng jawab) dalam bahasa mereka.
Mengkomunikasikan
7. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
15 menit
15 menit
15 menit
15 menit
|
C. Penutup
|
1. Siswa menyimpulkan teks dan ungkapan pemaparan jati diri .
2. Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari
3. Siswa diberi tugas mengerjakan evaluasi.
4. Siswa diberi Tugas Mandiri Terstruktur
menulis email yang berkaitan dengan
pemaparan jati diri.
|
15 menit
|
G. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : scientific
approach
2. Model : discovery learning
3. Teknik : role play
H. Media
dan Sumber Belajar
1.
Media: LCD,
Laptop, Speaker, CD, Flash disk
2.
Sumber
belajar
Modul: Bahasa Inggris untuk SMA/MA Kelas X
I. Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
1.
Jenis / teknik penilaian
-
Tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama proses pembelajaran berlangsung yang
dimulai sejak aktifitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga
mengkomunikasikan
-
Sikap:
Observasi penilaian diri, teman sejawat (capaian siswa dinilai oleh
guru, siswa sendiri dan temannya dengan menggunakan daftar cek atau skala
penilaian yang disertai rubric
-
Jurnal, didalam dan luar kelas, berupa catatan
pendidik
Guru mengobservasi dan mencatat perilaku siswa
yang mencakupi sikap dan keterampilannya.
Pengetahuan: pengetahuan siswa tentang struktur
teks, unsure kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan test tulis atau lisan dan
penugasan atau PR
Keterampilan:
Praktik, jurnal
2. Bentuk Instrumen dan Instrumen
Role play (memerankan dialog dengan menggunakan
ungkapan pemaparan menyatakan dan menanyakan tentang pemaparan jati diri) dan
test tertulis
3. Pedoman Penskoran
Rubrik
a. Aspek Sikap
No
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan Skor
|
1.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
|
|
2.
|
Bertanggung jawab
|
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang bertanggung jawab
2: jarang bertanggung
jawab
1: tidak pernah bertanggung jawab
|
|
3.
|
kerjasama
|
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
|
|
4.
|
Disiplin
|
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
|
|
5.
|
Percaya Diri
|
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang percaya diri
1 : tidak pernah percaya diri
|
b. Aspek Pengetahuan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan Skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5: hampir sempurna
4: ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3: ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2: banyak kesalahan dan mengganggu makna
1: terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
2.
|
Intonasi
|
5: hampir sempurna
4: ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3: ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2: banyak kesalahan dan mengganggu makna
1: terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5: sangat teliti
4: teliti
3: cukup teliti
2: kurang teliti
1 : tidak teliti
|
|
4.
|
Pemahaman
|
5 : sangat memahami
4 : memahami
3 : cukup memahami
2 : kurang memahami
1: tidak memahami
|
c. Aspek Keterampilan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan Skor
|
1.
|
Melakukan tindak komunikasi yang tepat
|
5: selalu melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
4: sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3: beberapa kali melakukan kegiatan komunikasi yang
tepat
2: pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1: tidak pernah melakukan kegitan komunikasi yang
tepat
|
Mengetahui ……………….., ……………..
Kepala SMA ……………………. Guru Mapel
…………………………………… Sutaryadi
NIP………………………………
NIP. ………………………….
Contoh Materi
Instruksi Task 1:
I’d like to assign you into two groups, A and B. Say ‘pen’ (menunjuk murid pertama) and
‘pal’ (menunjuk murid kedua), then ‘pen’ (murid ketiga) ‘pal’ (murid
keempat)…. Raise your hand if you’re ‘pen’. Good, so all of you are students
A. Raise your hand if you’re ‘pal’. All of you are students B. Students A,
please read text 1 and students B, please read text 2.
Hello,
Alia! Let me introduce myself. My name is Hannah.
I know
your name from my friend, Caroline. She told me that you sent her an email
telling her that you would like to have more pen pals from the US.
I’d really like to be your E-pal. You sound really cool!
I guess I’d better tell you something about myself
first. I’m 16 years old and I attend Thomas Edison High School here in
Minneapolis, Minnesota, USA. I have two brothers and two half sisters and
I’m the middle child. My father died a few years ago so my mother runs the
house and the family business. My father was a barista.
I have lots of hobbies. I like music – mostly
classical music and folk music – but I don’t play an instrument. I like sports,
especially tennis and basketball. At school I’m in the basketball team and I
spend most of my extra-curricular time playing basket ball. I’m into animals
very much. My sister and I have three dogs, a rabbit and an iguana. They need
lots of attention as you can imagine. At school, I have many Hmong friends who
were not fully fluent in English. Their family moved here from Asia. I enjoy
talking to them about our different cultures. My favorite subjects at school
are art and geography. I think I’d like to become a park ranger when I
graduate, perhaps work for the National Parks Service.
I haven’t got much interest in fashion, although we
have ‘Mall of America,’ the biggest mall in Minnesota. We can reach the mall
very easily. A commuter train runs every 15 minutes, buses also come
from different directions. We can also drive to the mall. It’s much faster than
going there by train or by bus.
I don’t like reading but I love drawing and painting.
How about
you? Please drop me a line, Alia! Can’t wait to hear from you!
Hannah
Instruksi
Task 2:
Well,
students. As you have learned that each paragraph has a main idea and some
supporting details, now identify the main ideas and supporting details of the
paragraphs in the email and letter in text 1 and 2. The first paragraphs of the
two texts have been done for you as an example. Students in group A, identify
text 1 and students in group B, identify text 2.
Text 2:
A letter from
Saidah
Assalamu’alaikum
Alia,
It
was very interesting to read your letter about yourself and your hometown. I
would really like to be your pen friend.
I’m
a sixteen-year-old school student from Johor Bahru in Malaysia. Actually I attend
an Islamic boarding school just outside the city but my family live in
Kuala Lumpur. My eldest sister is a medical doctor. She will get married soon.
My younger brother is an elementary school student in KL but he often writes to
me via email.
My
favorite subjects are social sciences. I like history very much; it helps me
know more how different countries existed in the past. At school we are
supposed to use English at all times, even when we are in the dormitory, so we
have become quite fluent although sometimes we slip back into Malay, which is
our mother tongue.
As
for hobbies, I’m really into songs and music. My favorite singer is
Yusuf Islam whose former name was Cat Steven. He’s so cool! Another singer I
like is Maher Zain with his religious songs. My favorite Malay singer is of
course Siti Nurhaliza. I also like watching movies, especially comedies. The
actor I like best is Tom Cruise.
I’m
really into books. I like reading
novels and short stories, mostly by Malay authors who you probably haven’t
heard of. I like some writers in English, like JK Rowling and Indonesian
writers too, like Andrea Hirata and Ahmad Fuadi. My dream, when I’m older, is
to be a writer of science fiction books set in the distant future.
I’d
really love to come to Indonesia some day. I heard that it has the largest
number of Muslims of any country. A book that I’ve just read mentions that
there
are some magnificent places to visit, such as, Bali, Sulawesi,
Papua
and Borneo! What about you, do you want to visit
my
country? Wassalam, Saidah
Cheers,
Saidah
TASK 3
Work
in pairs, make a dialogue talking about self.
1.
Act out the dialogue in front of class!
2. Siswa diberi Tugas Mandiri Terstruktur menulis email
yang berkaitan dengan pemaparan jati diri.

إرسال تعليق
Mohon sampaikan komentar Anda dari hati